Indonesia Power dan Adaro Akan Bangun PLTU Mulut Tambang di Ka

Indonesia Power dan Adaro Akan Bangun PLTU Mulut Tambang di Ka Liputan6.com, Jakarta PT Indonesia Power bersama PT Adaro ‎Energy berencana...

Indonesia Power dan Adaro Akan Bangun PLTU Mulut Tambang di Ka

Liputan6.com, Jakarta PT Indonesia Power bersama PT Adaro ‎Energy berencana membangun Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) mulut tambang di Kalimantan Timur (Kaltim. Pembangkit ini berkapasitas 2X100 Mega Watt (MW).

‎Direktur Utama PT Indonesia Power, Sripeni Inten Cahyani mengatakan, pada proyek PLTU ini perusahaan mendapatkan porsi kepemilikan saham sebesar 51 persen, sedangkan sisanya merupakan porsi Adaro.

  • Jonan Minta Astra Perhatikan Kelestarian Lingkungan PLTU Jawa 4
  • PLTU Jawa 4 Jadi Komplek Pembangkit Terbesar di Asia Tenggara
  • Bhumi Jati Power Kini Mulai Bangun PLTU Jawa 4

"Porsinya 51 persen Indonesia, 49 persen Adaro untuk PLTU Mulut Tambang Kaltim," kata Inten, di Jakarta, Rabu (22/11/2017).

Menurut dia, lokasi pembangunan PLTU tersebut berada di dekat lokasi tambang batubara Adaro. Namun karena batubara yang diproduksi dari tambang tersebut tidak ekonomis untuk dijual maka ‎dimanfaatkan dengan cara membangun PLTU.

‎"Salah satu lokasi di tambang Adaro yang didesain tidak dibawa keluar, karena kalau dibawa keluar tidak ekonomis,‎" tutur dia.

Nantinya pendanaan PLTU tersebut berasal dari kedua perusahaan, sesuai dengan prosi saham yang telah jadi kesepakatan.

Adapun biaya investasi, khusus pembangunan pembangkit diperkirakan US$ 180 juta dengan perhitungan US$ 900 per kilo Watt (kW).

"Investasi pasti sedang dihitung, tapi perkiraan US$ 900 dolar per kW, bebannya‎ sesuai dengan porsi sahamnya," jelas dia.

Saat ini Indonesia Power sedang meminta persetujuan kerjasama ke induk usahanya yaitu PT ‎PLN (Persero). PLTU yang menjadi bagian dari proyek 35 ribu MW tersebut diperkirakan akan beroperasi pada 2021.

"Kami mengajukan usulan ke pln untuk dapat persetujuan, Ini bagian dari 35 ribu MW," tutup ‎In ten.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

1 dari 2 halaman

Menteri Jonan Tak Ingin Ada Penambahan PLTU di Jawa

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tidak ingin pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Pulau Jawa. Ia ingin aga rpembangunan PLTU dilakukan di luar Jawa. Hal tersebut untuk mengoptimalkan kebijakan penggunaan energi sesuai dengan potensi yang ada di wilayah.

Jonan mengatakan, dalam Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2018 yang masih dirancang, akan ditetapkan pembangunan pembangkit listrik sesuai dengan potensi energi yang ada di wilayah masing-masing.

Pembangunan pembangkit juga dilakukan dekat sumber energi, hal ini untuk mengurangi biaya, sehingga listriknya jauh lebih murah.

"Untuk pulau ada sumber gasnya kita bangun PLTG disumur gasnya agar tidak perlu membangun pipa sehingga harganya murah. Untuk pulau ada tambang batubara bangun pembangkit di mulut t ambang," kata Jonan, saat membuka pekan pertambangan dan energi 2017, di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

‎Dengan diterapkannya kebijaan tersebut, kedepannya Jonan tidak mau ada PLTU yang menggunakan bahan bakar batu bara dibangun di Pulau Jawa. Pasalnya, Jawa tidak memiki tambang batu bara.

"Saya tidak mau PLTU bertambah di Jawa, kita ini (Jawa) pengguna PLTU terbesar, penduduknya juga besar," ujarnya.

Menurut Jonan, untuk nasib PLTU yang pembangunannya sudah masuk rencana, akan tetap diperbolehkan. Tetapi dia tetap mendorong pembangunan pembangkit di Jawa menggunakan ‎energi yang sesuai dengan potensinya, salah satunya adalah energi gas.

"Yang sudah tanda tangan jalan saja, ada sumur gas di Jawa Selat Madura ada. Jadi mustinya bisa,kita tutup, diusahakan pembankit batubara di mulut tambang," tutup ‎Jonan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,1,
ltr
item
Berita 24 Kalimantan Timur: Indonesia Power dan Adaro Akan Bangun PLTU Mulut Tambang di Ka
Indonesia Power dan Adaro Akan Bangun PLTU Mulut Tambang di Ka
Berita 24 Kalimantan Timur
http://www.kaltim.berita24.com/2017/11/indonesia-power-dan-adaro-akan-bangun.html
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/2017/11/indonesia-power-dan-adaro-akan-bangun.html
true
6005123025390991206
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy