Paus terdampar: 'Pesan tersendiri untuk manusia' yang belum diteliti ...

Paus terdampar: 'Pesan tersendiri untuk manusia' yang belum diteliti ... ]]> ...

Paus terdampar: 'Pesan tersendiri untuk manusia' yang belum diteliti ...

]]> Paus terdampar: 'Pesan tersendiri untuk manusia' yang belum diteliti mendalam
pausHak atas foto WWF Indonesia
Image caption Warga yang ikut mencob a menyelamatkan paus yang terdampar.

Terdamparnya sepuluh ekor paus jenis paus sperma di Aceh perlu diteliti lanjut karena setiap hewan laut yang terdampar membawa "pesan tersendiri untuk manusia," kata pakar konservasi spesies bahari.

Selasa (14/11) pagi diketahui, enam ekor berhasil diselamatkan namun empat ekor lainnya mati.

Sehari sebelumnya para relawan bekerja keras lebih dari lima jam untuk mendorong kembali 10 mamalia ini ke laut. Awalnya, lima ekor berhasil dibebaskan ke lautan lepas dari Pantai Ujong Kareung, Aceh Besar, lima ekor masih terdampar, satu ekor di antaranya luka parah karena sempat terdorong gelombang ke arah bebatuan.

Kemudian dua ekor lagi berhasil didorong ke laut, namun seekor di antaranya kembali ke pantai untuk bergabungbersama yang masih terjebak. Akhirnya ke-empat ekor paus itu mati.

Sebuah tim sedang melakukan pemerik saan sebab-sebab kematian mereka.

  • Empat dari 10 paus yang terdampar di Aceh gagal diselamatkan
  • Bencana yang membantu mengakhiri industri perburuan paus di AS
  • Ratusan paus di Selandia Baru kembali ke laut

"Kejadian terdampar itu selalu ada pesan tersendiri untuk manusia. Selama ini minim dilakukan penyelidikan mendalam," kata Dwi Suprapti, Marine Species Conservation Coordinator, WWF Indonesia, yang ikut memantau dan memastikan mamalia ini bisa lepas ke lautan.

Ia menduga, terdamparnya sekelompok paus sperma kali ini di Aceh merupakan akibat dari "gempa di daratan."

Upaya penyelamatan mamalia laut ini banyak mendapatkan perhatian masyarakat setempat dan juga banyak yang mengikuti melalui media sosial.

"Semangat untuk para relawan penyelamat paus," tulis salah seorang pengguna @destriimania sementara lainnya banyak yang mengungkapkan keinginan untuk membantu upaya penyelamatan ini.

Komuni tas paus terdampar, Whale Stranding Indonesia, menurunkan laporan perkembangan penyelamatan melalui akun Facebook termasuk memberikan saran langkah penyelamatan yang aman bagi hewan ini.

paus terdampar di AcehHak atas foto WWF Indonesia
Image caption Paus perlu dijaga agar tidak stres.

"Mohon diingat bahwa kita tidak bisa menggunakan tali untuk menarik hewan secara langsung, karena akan melukai hewan. Tali hanya bisa digunakan untuk menarik terpal atau alas yang digunakan untuk memindahkan hewan," tulis Whales Stranding Indonesia.

"Dan tadi ada gempa ringan 3 pada Skala Richter di Aceh siang ini pada 12:49:46 WIB, enam kilometer barat daya Bireun,& quot; tambah organisasi itu.

paus terdampar di AcehHak atas foto WWF Indonesia
Image caption Paus yang terdampar menarik perhatian besar masyarakat setempat.

Dwi Suprapti, yang juga merupakan dokter hewan mengatakan banyak penyebab lain paus yang terdampar, termasuk karena "tertabrak kapal, sakit, pencemaran, tersasar, sonar, dan gempa."

Ia mengatakan dari data Whales Stranded Indonesia, semua wilayah dari "Aceh sampai Papua selalu ada mamalia yang terdampar dengan yang terbanyak di Kalimantan Timur dan Bali."

"Untuk yang kali ini (di Aceh) masih diduga itu ada korelasi dengan potensi gempa...namun masih harus dilakukan penelitian me ndalam (terkait kaitan terdampar dan gejala alam)," tambahnya.

paus terdampar di AcehHak atas foto WWF Indonesia
Image caption Salah seokor paus ditarik dengan tali, sesuatu yang tak dianjurkan pakar karena dapat membuat hewan ini luka.

Dwi mencatat dua hal penting terkait penyelamatan paus yang terdampar, yaitu menjaga agar tidak stres dan menjaga posisi.

paus terdampar di AcehHak atas foto WWF Indonesia
Image caption Pada Senin (13/11) malam, lima ekor pertama paus berhasil dibebaskan.

Memastikan agar tidak stres

Berapa lama paus dapat bertahan saat terdampar tergantung pada kondisi mamalia ini.

"Dalam ilmu medik adalah agar management stres dijaga. Dalam kondisi tak nyaman bisa mempercepat faktor kematian," kata Dwi.

Ia mengatakan banyaknya pihak yang terlibat dan tanpa komando yang jelas juga dapat menyebabkan hewan ini stres.

Saat menarik hewan ini ke lautan lepas juga tidak disarankan memakai tali dan jaring yang langsung diikat ke tubuh paus.

"Sediakan alat berupa jaring yang dilapis terpal, karena kalau hanya jaring bisa melukai tubuhnya."

paus terdampar di AcehHak atas foto WWF Indonesia
Image caption Warga menyaksikan paus yang terdampar di Aceh.

Posisi stabil dan lubang nafas terjaga

Paus yang terdampar dapat menyebabkan hewan ini sulit bergerak dan lubang nafas tertutup pasir dan air laut.

"Kalau posisi tak stabil, bisa tersedak akibat air atau pasir masuk ke lubang nafas dan paru-paru," kata Dwi dan menambahkan posisi ideal adalah untuk berada di tempat yang lebih dalam agar bagian sirip tak tertekan.

"Bila sirip yang melengkung ke bawah tertekan (badan besar di pasir) bisa berpotensi patah, jadi perlu digali agar tak tertekan pasir," tambahnya.

Ia juga mengatakan karakter paus adalah berkelompok dan saling tergantung.

Salah satu paus yang terdampar di Aceh sempat berhasil dilepaskan namun kembali lagi ke tepi pantai.

"Ka lau dilepaskan tak bisa satu persatu karena harus berbarengan. Mamalia laut ini juga memiliki pemimpin di kelompok. Jadi kalau pemimpin masih terjebak di pantai, yang lainnya juga ikut kembali lagi," kata Dwi. Pemimpin sekelompok paus ini biasanya adalah jantan yang berukuran paling besar.

Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,1,
ltr
item
Berita 24 Kalimantan Timur: Paus terdampar: 'Pesan tersendiri untuk manusia' yang belum diteliti ...
Paus terdampar: 'Pesan tersendiri untuk manusia' yang belum diteliti ...
https://ichef-1.bbci.co.uk/news/320/cpsprodpb/BDC6/production/_98728584_paus3.jpg
Berita 24 Kalimantan Timur
http://www.kaltim.berita24.com/2017/11/paus-terdampar-pesan-tersendiri-untuk.html
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/2017/11/paus-terdampar-pesan-tersendiri-untuk.html
true
6005123025390991206
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy