Ini Seabreg Konsep yang Diusung Yusran Jika Dipercaya Pimpin ...

Ini Seabreg Konsep yang Diusung Yusran Jika Dipercaya Pimpin ... KALAMANTHANA, Penajam â€" Salah satu konsep Yusran Aspar yang ingin I...

Ini Seabreg Konsep yang Diusung Yusran Jika Dipercaya Pimpin ...

KALAMANTHANA, Penajam â€" Salah satu konsep Yusran Aspar yang ingin Ia bawa ke Kalimantan Timur yakni Unit Pelayanan Terpadu Dinas Pekerjaan Umum (UPT-PU). Gagasan ini akan ia terapkan jika nantinya terpilih menjadi Gubernur Kaltim pada tahun 2018 mendatang.

Seperti diketahui, Yusran yang juga Ketua DPD Gerindra Kaltim ini pada awal tahun 2014 telah membentuk UPT-PU di masing-masing kecamatan di PPU. Tujuannya untuk memecahkan permasalahan-permasalahan yang selama ini muncul, khususnya terkait dengan insfratuktur wilayah seperti pembuatan jalan baru, penanganan kerusakan jalan, tanah longsor, kerusakan drainase serta genangan dan kerusakan-kerusakan lainnya di wilayah PPU.

Sejak awal dibentuk, Yusran optimistis kebijakan ini akan menjadi trigger percepatan bagi pembangunan desa-desa tertinggal yang ada di wilayah PPU. Karena itu, jika nantinya dia dapat kesem patan memimpin Kaltim, konsep ini akan ikut dia usung.

“Perbaikan insfrastruktur merupakan kebutuhan mendesak yang menjadi kunci keberhasilan serta perbaikan ekonomi di desa atau kelurahan dan ini akan saya bawa ke Kaltim,” terang Yusran.

Perlu diketahui UPT-PU yang dibentuk sebagai solusi penyelesaian insfrastruktur daerah di kecamatan, meraih penghargaan nasional, langsung diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, Kamis, (30/4) di Hotel Bidakara Jakarta.

Kompetisi ini merupakan program One Agency, One Innovation yang berarti bahwa setiap kabupaten dan kota wajib menciptakan minimal satu inovasi pelayanan publik setiap tahun. Inovasi tersebut wajib diikutsertakan dalam kompetisi inovasi pelayanan publik dan bagi kabupaten/kota yang tidak ikut serta dalam kompetisi ini, mendapat teguran langsung dari Menteri PANRB.

Inovasi pelayanan publik juga merupakan jawaban atas peningkatan kualitas pelayanan publik yang selaras dengan revo lusi mental, di mana birokrat melayani kepada mayarakat akan semakin baik.

Pada kompetisi tingkat nasional ini, UPTD-PU PPU berhasil masuk sebagai top 25 nominasi pelayanan terpadu terbaik tahun 2015 di Indonesia dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN & RB), bersama 10 kabupaten, 5 provinsi dan 7 kota se-Indonesia.

Menurut Yusran, yang dilakukan juga bukan tanpa alasan. Dirinya menyebutkan, setelah sukses di Kabutaen PPU, ia akan membawa ke Kaltim. Bukan hanya UPT-PU, tetapi juga UMKM, sawit rakyat, revolusi hijau, revolusi putih dan lainnya.

Usulan pembangunan insfratuktur jalan pada suatu daerah harus melalui proses administrasi panjang dan berbelit, yang kerap kali membuat usulan untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat desa itu menguap di tengah jalan.

Sementara itu, pengalokasian anggaran untuk pembangunan insfrastruktur daerah yang termuat untuk Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) berlaku skala prioritas, sehingga proyek berskala kecil dan tidak terlalu mendesak kerap kali dikesampingkan, tidak terkecuali proyek insfrastruktur desa.

Menilik kondisi tersebut, apa yang dilakukan Yusran Aspar ini cukup beralasan. Dalam beberapa bulan saja, UPT-PU kecamatan telah meciptakan ratusan kilometer jalan baru, perbaikan jalan, draenase dan sebagainya.

Gagasan Yusran ini selanjutnya juga telah dipersentasikan di Kementerian PANRB Jakarta beberapa waktu lalu. Melalui proses panjang tim penilaian dari kementerian bersama Provinsi Kaltim melakukan survai di lapangan. Dari hasil penilaian tersebut UPT-PU akhirnya menjadi yang terbaik di Indonesia sebagai kategori inovasi pelayanan publik tahun 2015 se-Indonesia. (hr)

Terkait

Tags:

Related Posts

  • Jembatan Penajam-Balikpapan Picu Perhatian Investor

  • Yusran Lepas Kontingen Pramuka PPU ke Perkempinas III

  • Setnov, Bunda Rita, dan Pilkada Kaliman tan Timur 2018

  • Ini Terobosan yang Hendak Dilakukan UPT PU Kabupaten PPU

  • Alam Incar Panggung Politik Kalimantan Timur

Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,1,
ltr
item
Berita 24 Kalimantan Timur: Ini Seabreg Konsep yang Diusung Yusran Jika Dipercaya Pimpin ...
Ini Seabreg Konsep yang Diusung Yusran Jika Dipercaya Pimpin ...
Berita 24 Kalimantan Timur
http://www.kaltim.berita24.com/2017/12/ini-seabreg-konsep-yang-diusung-yusran.html
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/2017/12/ini-seabreg-konsep-yang-diusung-yusran.html
true
6005123025390991206
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy