Marak pengangguran di Kaltim, butuh gubernur yang ahli ekonomi

Marak pengangguran di Kaltim, butuh gubernur yang ahli ekonomi ...

Marak pengangguran di Kaltim, butuh gubernur yang ahli ekonomi

Merdeka > Politik Marak pengangguran di Kaltim, butuh gubernur yang ahli ekonomi Rabu, 6 Desember 2017 14:18 Reporter : Randy Ferdi Firdaus Ilustrasi Pilkada Serentak. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Kalimantan Timur menjadi salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada serentak pada 2018 nanti. Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Forum Dosen Ekonomi dan Bisnis Islam (F ORDEBI), Aji Dedi Mulawarman sudah menyatakan siap maju sebagai Cagub Kaltim.
Terkait hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR), Ujang Komarudin menyatakan, Aji Dedi Mulawarman adalah tokoh yang dibutuhkan untuk Kaltim saat ini.
"Aji Dedi Mulawarman dibutuhkan untuk memimpin Kaltim. Kita tahu, bahwa Kaltim saat ini sedang berada dalam kondisi ekonomi yang kurang baik," kata Ujang, Rabu (6/12).
Aji Dedi adalah dosen akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya. Dia juga seorang pegiat pertanian Indonesia. Aji Dedi juga mengelola berbagai jurnal nasional dan menjadi reviewer di berbagai jurnal ekonomi/akuntansi di Indonesia.
Untuk itu, kata Ujang, orang yang memiliki kapasitas dan kapabalitas seperti Aji Dedi inilah yang bisa menyelamatkan dan menstabilkan ekonomi Kaltim.
"Saya kira, beliau sudah pakar di bidang ekonomi. Pengajar dan aktivis di bidang tersebut. Rekam jejaknya tak diragukan lagi," ujar dia.
P engajar di Universitas Al Azhar Indonesia ini mengungkapkan, kondisi ekonomi menjadi tolok ukur keberhasilan dan wibawa daerah di mata daerah lain.
"Ekonomi menjadi penentu keberhasilan suatu daerah, bila pertumbuhan ekonominya positif dan mencapai target, maka daerah tersebut bisa dikatakan berhasil," katanya.
Sebaliknya, tambah Ujang, jika petumbuhan ekonominya melambat atau tidak mencapai target, maka daerah tersebut bisa dikatakan gagal. Dan ini akan berimbas pada bidang kehidupan masyarakat lainnya.
Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), bahwa angka pengangguran terbuka di Indonesia itu paling besar ada di Kaltim, padahal daerah tersebut memiliki kekayaan alam yang melimpah.
"Sesuai data BPS, tingkat pengangguran terbuka (TPT) pada Februari 2017, terbesar ada di Kaltim mencapai 8,55 persen dari total pengangguran di Indonesia yakni 7,01 juta orang yang bekerja," ungkapnya.
Selain itu, melorotnya APBD Kaltim dari tahun ke tahun dan pert umbuhan ekonomi negatif menjadi masalah tersendiri. Menurutnya, Kaltim perlu buffer ekonomi kreatif di luar yang terlalu mengandalkan produksi migas ekstraktif dan sawit yang terlalu tergantung pasar internasional.
Menurutnya, ekonomi yang tergantung pada gejolak harga pasar migas dan sawit yang terus menurun berdampak pada konstraksi pertumbuhan ekonomi. Ujungnya adalah PHK besar-besaran di perusahaan-perusahaan tambang dan sawit, serta menurunnya kekuatan APBD dari tahun ke tahun.
"Belum lagi proyek infrastruktur yang niatnya bagus tetapi punya kecenderungan mercusuar mengakibatkan kedodoran bagi keuangan pemda. Hal ini juga tidak didukung dengan PAD yang cerdas," jelas Ujang.
Untuk itu, Ujang menegaskan, Kaltim perlu pemimpin yang punya ide segar untuk menyelamatkan Kaltim dan membawa Kaltim keluar dari masalah-masalah tersebut.
"Saya perhatikan dan baca pikiran-pikirannya melalui buku dan media massa, Aji Dedi memiliki ide segar untuk diaplikasika n dalam membangun Kaltim ke depan," tutup Ujang. [rnd]

Baca Juga:
Bupati Rita tersangka, Golkar evaluasi pencalonan di pilgub KaltimWajah miris infrastruktur perbatasan di Kalimantan UtaraKapolda Kaltim daftar penjaringan calon gubernur lewat PDIP
FOKUS
PILKADA SERENTAK 2017
Topik berita Terkait:
  1. Pilkada Serentak
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Rekomendasi

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.


Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

COMMENTS

Tulis Artikel
Nama

Lokal,4,Nasional,1,
ltr
item
Berita 24 Kalimantan Timur: Marak pengangguran di Kaltim, butuh gubernur yang ahli ekonomi
Marak pengangguran di Kaltim, butuh gubernur yang ahli ekonomi
http://b.scorecardresearch.com/p?c1=2&c2=17805152&cv=2.0&cj=1
Berita 24 Kalimantan Timur
http://www.kaltim.berita24.com/2017/12/marak-pengangguran-di-kaltim-butuh.html
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/
http://www.kaltim.berita24.com/2017/12/marak-pengangguran-di-kaltim-butuh.html
true
6005123025390991206
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy