www.AlvinAdam.com


Berita 24 Kalimantan Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Waduh! Wabah Difteri Sudah Sampai ke Kaltim, Simak Gejala dan ...

Posted by On 02.13

Waduh! Wabah Difteri Sudah Sampai ke Kaltim, Simak Gejala dan ...

Seputar Kaltim

Waduh! Wabah Difteri Sudah Sampai ke Kaltim, Simak Gejala dan Cara Pencegahannya

Indonesia saat ini mengeluarkan peringatan menyusul laporan status kejadian luar biasa (KLB) Difteri di 11 provinsi selama

Waduh! Wabah Difteri Sudah Sampai ke Kaltim, Simak Gejala dan Cara Pencegahannyavia TRIBUNKALTIM.coDifteri

BANJARMASINPOST.CO.ID, SAMARINDA - Indonesia saat ini mengeluarkan peringatan menyusul laporan status kejadian luar biasa (KLB) Difteri di 11 provinsi selama Oktober - November 2017.

Data Kementerian Kesehatan mencatat 11 provinsi yang melaporkan KLB Difteri di wilayahnya yakni, Sumatera Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Selata n, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Yang mengejutkan, sudah ada puluhan penderita yang dilaporkan meninggal dunia.

Difteri merupakan penyakit menular disebabkan kuman Corynebacterium Diptheriae dan menyerang faring, laring atau tonsil.

Bakteri penyebab difteri mengeluarkan racun yang menyebabkan kelumpuhan susunan syaraf tepi dan pusat, serta gagal ginjal.

Kematian dapat terjadi karena sumbatan jalan nafas, akibat lapisan tebal di tenggorokan.

Hal ini ditandai gejala berupa demam hingga 38 derajat celcius, munculnya pseudomembran di tenggorokan, sakit waktu menelan, serta leher membengkak seperti leher sapi akibat pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Selain itu terjadi pula sesak nafas disertai suara mendengkur.

Penyakit ini paling banyak menyerang anak dengan kelompok usia 5-9 tahun.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam pernyataan resmi di situs idai.or.id, mengatakan upaya pencegahan harus dilakukan bersama-sama dengan tindakan deteksi dini kasus, pengobatan kasus, rujukan ke rumah sakit, mencegah penularan, dan memberantas karier.

Halaman selanjutnya 123
Editor: Ernawati Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Polisi Purwodadi Diamuk dan Diusir Warga saat Gelar Razia di Kampung, Begini Reaksinya Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »