www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Ekonom UI Kritisi Pembangunan Mal di Kaltim, Reaksi Pasangan ...

Posted by On 17.56

Ekonom UI Kritisi Pembangunan Mal di Kaltim, Reaksi Pasangan ...

Pilgub Kaltim 2018

Ekonom UI Kritisi Pembangunan Mal di Kaltim, Reaksi Pasangan Cagub-Cawagub Ini tak Terduga

Ia pun menyarankan agar pemerintah membangun ruang terbuka untuk publik yang bernilai edukasi.

Ekonom UI Kritisi Pembangunan Mal di Kaltim, Reaksi Pasangan Cagub-Cawagub Ini tak TerdugaTRIBUN KALTIM/ARIDJWANALahan Puskib milik Pemprov Kaltim yang sedianya akan dibangun Supermall Balikpapan. Meski sudah groundbreaking pada 2013 lalu, namun proyek ini tampak mangkrak.

Laporan wartawan TribunKaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pasca merosotnya pertumbuhan ekonomi pada tahun 2015 hingg a 2016, Provinsi Kalimantan Timur harusnya melakukan transformasi ekonomi terutama di dua sektor strategis, pertanian dan pariwisata.

Membangun mal dalam jumlah banyak justru tidak efektif mendatangkan pendapatan bagi daerah.

Hal itu diungkapkan Faisal Basri, ekonom yang juga merupakan dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (UI) baru-baru ini.

Faisal Basri
Faisal Basri (KOMPAS/IWAN SETIYAWAN)

Ia pun menyarankan agar pemerintah membangun ruang terbuka untuk publik yang bernilai edukasi.

Menurut Faisal, Kalimantan Timur dengan kekayaan sumber daya alamnya memiliki kemampuan untuk menjadi provinsi maju di Indonesia.

Hanya saja, diperlukan pemimpin yang transformatif yang mampu mengubah arah kebijakan untuk tidak melulu mengeksplorasi migas dan batu bara. Melainkan berani mengembangkan pertanian modern berb asis agroindustri serta membangun pariwisata secara komersil.

Kritik Faisal Basri soal geliat pembangunan mal rupanya juga menjadi perhatian serius salah satu pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur yang berlaga di Pilgub Kaltim 2018.

Paslon nomor urut 4, Rusmadi-Safaruddin, tegas menyatakan bakal menghibahkan lahan eks Puskib kepada Pemkot Balikpapan bila diberi amanah memimpin Kaltim lima tahun ke depan.

Pasangan calon yang diusung PDI Perjuangan dan Partai Hanura itu sepakat untuk mendorong lahan eks Puskib menjadi ruang terbuka hijau (RTH) di Balikpapan.

Halaman selanjutnya 123
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani Editor: Syaiful Syafar Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Mobil Mewah Ringsek Tertimpa Truk Konta iner, Pengemudi Terjepit di Dalam Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »