www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Mengupas CSR Pupuk Kaltim Dalam Memajukan Masyarakat ...

Posted by On 23.06

Mengupas CSR Pupuk Kaltim Dalam Memajukan Masyarakat ...

Hai sahabat Kumparan, pastinya kalian sudah menunggu kisah kami yang selanjutnya. Kali ini kami ingin bercerita tentang kegiatan dari PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) dalam memajukan masyarakat Kota Bontang melalui program “Better Living In Malahing”.Mungkin dibenak kalian timbul rasa penasaran, kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan oleh Pupuk Kaltim? Simak cerita dari kami.Kampung Malahing adalah sebuah perkampung terapung yang berada di tengah laut di sekitar pesisir Bontang yang konon katanya dulu kurang memiliki daya tarik. Namun kini Malahing demikian nama kampung tersebut, telah memiliki pesona tersendiri untuk harapan yang lebih baik. Disana dihuni oleh 52 Kepala Keluarga dengan kehidupan yang dahulu sangat jauh dari perhatian pemerintah dan perusahaan. Rata-rata mata pencaharian masyarakat Kampung Malahing adalah nelayan. Betapa tidak , banyak anak-anak yang mengalami kesulitan dalam mengakses perjalanan ke sekolah, selain itu kurangnya saran dan prasarana yang mendukung, serta pengetahuan dan skill kerja warga yang sangat terbatas.Semenjak kehadiran PT Pupuk Kaltim melalui Departemen Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) dari tahun 2014 sampai dengan sekarang, terus berupaya membawa perubahan bagi Kampung Malahing sebagai tempat tinggal sekaligus memajukan kehidupan sosial dan perekonomian yang lebih baik. PT Pupuk Kaltim bersinergi dengan pemerintah daerah secara konsisten berperan aktif melibatkan masyarakat untuk mengatasi permasalahan yang ada. Berbagai bantuan pembangunan infrastruktur yang diberikan oleh Pupuk Kaltim, mulai dari renovasi Gedung Sekolah Dasar (SD), Yayasan Pendidikan Pembinaan Islam (YPPI) Melahing, perlengkapan sekolah, penjemuran rumput laut, Gapura, Balai Pertemuan Umum, pengadaan tong sampah dan tanaman hijau, dermaga terapung, toilet umum, serta sarana dan prasarana umum lainnya .

Namun tidak berhenti sampai di pemberian bantuan infrastruktur saja, PT Pupuk Kaltim juga mengadakan kegiatan pemberdayaan masyarakat Kampung Malahing, seperti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan atau skill warga. Berikut pelatihan-pelatihan yang diberikan Pupuk Kaltim kepada masyarakat Kampung Malahing:
  • Pelatihan budidaya rumput laut
  • Perbaikan mesin kapal (diesel Dongfeng)
  • Tata boga untuk mengolah rumput laut dan pengemasannya
  • Menjahit
  • Kewirausahaan
  • Pemasaran berbasis online
  • Serta, pelatihan untuk mendapatkan sertifikat nomor pangan industri rumah tangga
Melalui program ini, kini masyarakat dapat membentuk sebuah entitas sosial secara gotong-royong untuk saling mendukung dalam pengembangannya. Hal ini terlihat dari terbentuknya 3 kelompok pembudida yaan rumput laut, bahkan mereka memberikan nama yang unik dalam pembentukan kelompok tersebut, yaitu Sipatuo 1, Sipatuo 2, dan Alam Jaya. Bahkan ibu-ibu disana pun tidak mau ketinggalan dengan membentuk kelompok usaha bersama olahan rumput laut yang bernama Sukses Mandiri.Masyarakat Malahing, cukup terbantu dengan bantuan yang diberikan oleh Pupuk Kaltim dan pemerintah setempat. Mereka menyambut dengan senang, terlihat dari cuplikan video dokumentasi sebagai berikut, cekidot:https://youtu.be/owPWNNdSzW0https://www.youtube.com/watch?v=HHLxI4_8OeU Selain itu, Pupuk Kaltim juga telah memberikan dampak positif bagi lingkungan seperti terjaganya ekosistem laut, terciptanya kebersamaan sosial, dan memajukan perekonomian masyarakat Kampung Malahing. Terbukti dari usaha kelompok pembudidayaan rumput laut yang mampu meningkatkan omset atau keuntungan yang cukup besar. Pada tahun 2014 keuntungan yang dicapai sebesar Rp. 18 juta/kelompok/tahun, dan terjadi peningkatan pada tahun 2016 menjadi R p. 50 juta/kelompok/tahun. Demikian halnya dengan kelompok ibu-ibu olahan rumput laut, yakni pada tahun 2016 yang mencapai Rp. 36 juta/kelompok/tahun, yang sebelumnya pada tahun 2014 hanya mencapai Rp. 3,5 juta/kelompok/tahun.

Pada tahun 2017, program “Better Living in Malahing” berhasil meraih penghargaan tingkat nasional sebagai juara 1 di ajang kompetisi CSR Awards kategori reka karsa sosial oleh Majalah CSR Indonesia dan Meprindo Communications. “Kami warga Kampung Malahing yang tinggal di atas laut, dahulu hanya bisa memikirkan bagaimana perut bisa makan agar dapat bertahan hidup, tapi dengan hadirnya program PKBL Pupuk Kaltim, kami benar-benar banyak diberi bantuan fasilitas sarana dan prasarana serta pengetahuan lebih sehingga kami bisa lebih berkembang,” terang Nasir Laka’da Ketua RT 30 Malahing.Aksi dari Pup uk Kaltim yang inspiratif dalam memajukan masyarakat Kampung Malahing. Hal ini perlu tentunya dapat ditiru oleh perusahaan lainnya dalam memajukan pengembangan kampung yang layak huni serta meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.Harapan kami, semoga Kampung Malahing terus maju, dan dapat menjadi salah satu destinasi pariwisata.Jika kalian masih tertarik, tunggu cerita kami selanjutnya terkait aksi sosial dari Pupuk Indonesia Group. Jika kalian tidak sabar, kalian bisa mengetahui informasi PT Pupuk Indonesia (Persero), baik untuk keperluan studi atau lainnya, silahkan kunjungi website korporat kami ya, di : www.pupuk-indonesia.com atau media sosial kami, hotline+628001008001 juga dapat melalui email : info@pupuk-indonesia.com. Ikuti terus informasi mengenai PT Pupuk Indonesia (Persero) dengan mengikuti akun social media Kami.IG: @pt.pupukindonesiaTwitter: @pupuk_indonesiaFB: PT Pupuk Indonesia
#PupukIndonesia #PupuknyaIndonesia #CSRPupukKaltim #SinergiBUMN#PupukOkSumber: Google News | Berita 24 Kaltim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »