www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Bandara APT Pranoto Bakal Tingkatkan Perekonomian Kalimantan ...

Posted by On 21.52

Bandara APT Pranoto Bakal Tingkatkan Perekonomian Kalimantan ...

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (24/5/2018)KOMPAS.com/ AUZI AMAZIA DOMASTY Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (24/5/2018)

KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur optimistis Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto akan meningkatkan perekonomian masyarakat di Kalimantan Timur.

Gubernur Kalimantan Timur, Awang Farouk Ishak, mengatakan dengan adanya bandara internasional baru maka semakin banyak pula sumber daya manusia yang diperlukan untuk perkembangan bandara dan wilayah sekitarnya.

“Usaha Mi kro Kecil Menengah (UMKM), seperti penjualan oleh-oleh juga diizinkan agar bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. Misalnya, orang kalau mau beli makanan khas Kalimantan Timur, gammi, cukup di bandara saja,” ujarnya saat meresmikan beroperasinya Bandara APT Pranoto, Kamis (24/5/2018).

Baca: Gantikan Temindung, Bandara APT Pranoto Samarinda Resmi Beroperasi

Selain itu, Bandara Samarinda Baru itu juga diharapkan bakal meningkatkan jumlah kunjungan wisata ke Kalimantan Timur.

Adanya Bandara APT Pranoto memberikan pilihan bagi wisatawan agar bisa pergi ke destinasi wisata seperti Pulau Derawan, Pulau Kakaban, dan Pulau Maratua melalui Samarinda, tak perlu ke Balikpapan.

Untuk diketahui, Kalimatan Timur juga memiliki Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) di Balikpapan yang berada sekira 90 kilometer dari Bandara Samarinda Baru.

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan masuk peringkat 10 besar dunia versi Airport Service Quality (ASQ). Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II-2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).  KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Balikpapan masuk peringkat 10 besar dunia versi Airport Service Quality (ASQ). Peringkat tersebut berdasarkan kategori jumlah penumpang pada survei penilaian kepuasan penumpang triwulan II-2017 yang dilakukan oleh Airports Council International (ACI).

Awang menegaskan, keberadaan bandara baru tak akan mengganggu jumlah kunjungan penumpang di Bandara SAMS. Apalagi, kedua bandara tersebut dikelola oleh Angkasa Pura 1.

“Tapi tak usah takut dan ribut pangsa Bandara Sepinggan Balikpapan akan banyak diambil dan jadi sepi. Semuanya s udah ada porsinya,” ujarnya.

Direktur PT Angkasa Pura I, Faik Fahmi, mengatakan kehadiran Bandara APT Pranoto sangat tepat mengingat pertumbuhan kebutuhan angkutan penerbangan semakin tinggi.

Masyarakat jadi bisa memilih penerbangan dari atau ke Balikpapan dan Samarinda, tergantung kebutuhan konektivitas.

“Kita melihatnya tidak hanya di periode sekarang saja, tapi melihat lima tahun ke depan juga dan manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Faik.

Akses dan latar pembangunan

Kemudian, akses masyarakat Samarinda ke Bandara APT Pranoto bisa menggunakan bus Damri yang terdiri atas dua rute.

Layanan transportasi dengan Damri tersebut akan gratis selama satu bulan ke depan.

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur resmi beroperasi Kamis (24/5/2018)KOMPAS.com/ AUZI AMAZIA DOMASTY Bandara A ji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur resmi beroperasi Kamis (24/5/2018)

Bandara APT Pranoto merupakan relokasi dari Bandara Temindung yang sudah tak bisa dikembangkan lagi. Pemerintah Kalimantan Timur mulai membangun Bandara APT Pranoto pada 2011 dan selesai pada 2017.

Kemudian, pada 2018, bandara baru itu diserahkan pada Ditjen Perhubungan Udara agar operasionalnya dapat dikembangkan lebih lanjut melalui Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Temindung.

Ditjen Perhubungan Udara sejak awal 2018 juga melakukan beberapa kegiatan tambahan untuk memastikan standar keselamatan, keamanan, dan kenyamanan pelayanan di bandara terpenuhi sesuai dengan Annex 14 International Civil Organization (ICAO) dan Peraturan Keselamatan penerbangan Sipil part 139 tentang Aerodromes.

Beberapa kegiatan tambahan tersebut di antaranya pembuatan runway strip, landscape, dan pemagaran kompleks bandara.

Sinergi pengelolaan bandara

Selanjutnya, PT Angkasa Pura I pun sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan Pemerintah Kalimantan Timur terkait rencana kerja sama pengelolaan bandara.

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur resmi beroperasi Kamis (24/5/2018)KOMPAS.com/ AUZI AMAZIA DOMASTY Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto di Samarinda, Kalimantan Timur resmi beroperasi Kamis (24/5/2018) Nota kesepahaman ini merupakan landasan awal atas rencana kerja sama pengelolaan Bandara APT Pranoto yang kerap disebut Bandara Samarinda Baru (BSB). Kerja sama bertujuan menyusun kajian rencana pengelolaan Bandara APT Pranoto yang saling menguntungkan, efisien, dan berkelanjutan. “Rencana pengelolaan bandara ini merupakan salah satu bentuk sinergi kami dengan pemerintah daerah dalam rangka meningkatkan perekonomian daerah,” kata Direktur Ut ama PT Angkasa Pura I (Persero), Faik Fahmi, dalam siaran tertulis. Menurut dia, PT Angkasa Pura I (Persero) akan mengeksplorasi peluang kerja sama pengelolaan Bandara APT Pranoto dengan melakukan melakukan sejumlah langkah, seperti membuat rencana dan metode kerja. (Baca: Pemprov Kaltim Gandeng AP 1 Kaji Pengelolaan Bandara APT Pranoto)

Selain itu, AP 1 juga menyiapkan pengadaan jasa konsultan dan profesi penunjang lain; melakukan pengumpulan data teknis, hukum, dan ekonomi; serta melakukan koordinasi dengan instansi terkait.

"Hasil kajian akan digunakan dalam perencanaan strategis pengelolaan Bandar Udara APT Pranoto dan dijadikan dasar pertimbangan untuk pembuatan perjanjian kerja sama. Kami harap bentuk sinergi BUMN dengan pemerintah daerah ini akan membawa kontribusi positif terhadap pemerataan pengembangan perekonomian daerah,” ujarnya.

Acara peresmian tersebut turut dihadiri oleh Kepala Otoritas Bandar Udara Wilayah 7 A gus Subagio, Direktur Keselamatan Keamanan dan Standardisasi AirNav Indonesia Yurlis Hasibuan, dan Kasubdit Standarisasi Bandar Udara Ditjen Perhubungan Udara Agus Pramuka.


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
  • Keselamatan Keamanan Penerbangan

Berita Terkait

Indonesia Pertahankan Tingkat Keselamatan Penerbangan

Balon Udara Ancam Keselamatan Penerbangan

Meteorologi, Penunjang Keselamatan Penerbangan

Penerbangan di Yogyakarta dan Sekitarnya Mesti Waspada Erupsi Merapi

Terkini Lainnya

Upaya Pemerintah Cegah Kenaikan Harga Pangan Jelang Lebaran

Upaya Pemerintah Cegah Kenaikan Harga Pangan Jelang Lebaran

Makro 25/05/2018, 11:30 WIB Pelni dan Inalum Siapkan 1.000 Tiket Mudik Gratis Batam-Medan

Pelni dan Inalum Siapkan 1.000 Tiket Mudik Gratis Batam-Medan

Makro 25/05/2018, 11:10 WIB BI Diminta Yakinkan Masyarakat bahwa Rupiah Akan Menguat

BI Diminta Yakinkan Masyarakat bahwa Rupiah Akan Menguat

Makro 25/05/2018, 10:43 WIB BTPN Kenalkan Fitur Kirim Uang Moneymoji

BTPN Kenalkan Fitur Kirim Uang Moneymoji

Keuangan 25/05/2018, 10:35 WIB Arcandra : EBT Merupakan Kearifan Lokal

Arcandra : EBT Merupakan Kearifan Lokal

Makro 25/05/2018, 10:05 WIB BEI Sayangkan Perusahaan yang Tunda IPO karena Gejolak Pasar

BEI Sayangkan Perusahaan yang Tunda IPO karena Gejolak Pasar

Keuangan 25/05/2018, 09:50 WIB < img src="https://asset.kompas.com/crop/0x83:1000x750/177x117/data/photo/2018/05/24/1410871344.jpg" alt="Wamen ESDM: Masyarakat Perlu Diedukasi Terkait Potensi Panas Bumi"/>

Wamen ESDM: Masyarakat Perlu Diedukasi Terkait Potensi Panas Bumi

Makro 25/05/2018, 09:35 WIB Jika Jadi Presiden, Rizal Ramli akan Tangkap 100 Pejabat Brengsek

Jika Jadi Presiden, Rizal Ramli akan Tangkap 100 Pejabat Brengsek

Makro 25/05/2018, 09:33 WIB Arcandra: Produksi Minyak Rendah, Indonesia Perlu Kembangkan EBT

Arcandra: Produksi Minyak Rendah, Indonesia Perlu Kembangkan EBT

Makro 25/05/2018, 08:40 WIB Bandara Kertajati dan Harapan Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat

Bandara Kertajati dan Harapan Pertumbuhan Ekonomi di Jawa Barat

Makro 25/05/2018, 08:23 WIB Mentan Sasar 14 Ribu Rumah Tangga Miskin di Lumajang

Mentan Sasar 14 Ribu Rumah Tangga Miskin di Lumajang

Makro 25/05/2018, 08:18 WIB Gubernur BI: Tekanan Nilai Tukar Mata Uang Terjadi di Seluruh Negara Berkembang

Gubernur BI: Tekanan Nilai Tukar Mata Uang Terjadi di Seluruh Negara Berkembang

Keuangan 25/05/2018, 08:05 WIB Warganya Sulit Air, Pemkab Agam Ajukan Pembangunan 8 Unit Sumur Bor

Warganya Sulit Air, Pemkab Agam Ajukan Pembangunan 8 Unit Sumur Bor

Makro 25/05/2018, 07:43 WIB Terorisme, Pasar, dan Antisipasi atas 'Inflasi Spiritualitas'

Terorisme, Pasar, dan Antisipasi atas "Inflasi Spiritualitas"

Makro 25/05/2018, 07:43 WIB Pertengahan Mei, Produksi Pertamina EP Capai 101,6 Persen dari Target

Pertengahan Mei, Produksi Pertamina EP Capai 101,6 Persen dari Target

Bisnis 25/05/2018, 07:38 WIB Load MoreSumber: Google News | Berita 24 Kaltim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »