www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Buruh Balikpapan Khawatir pada Eksistensi Tenaga Kerja Asing, Ini ...

Posted by On 04.41

Buruh Balikpapan Khawatir pada Eksistensi Tenaga Kerja Asing, Ini ...

Buruh Balikpapan Khawatir pada Eksistensi Tenaga Kerja Asing, Ini Kenyataannya

pekerja asing akan mengancam bagi peluang tenaga kerja asli Balikpapan. Daerah Balikpapan sekarang ini banyak pengangguran

Buruh Balikpapan Khawatir pada Eksistensi Tenaga Kerja Asing, Ini KenyataannyaTribun Kaltim/Budi SusiloPara buruh yang terwadah dalam Forum Komunikasi Serikat Pekerja Balikpapan rayakan May Day

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN â€" Peringatan hari buruh sedunia di Kota Balikpapan, soroti mengenai Tenaga Kerja Asing (TKA) yang membanjiri Indonesia. Pekerja asing sangat dikhawatirkan bagi kalangan buruh di Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Komunikasi Serikat Pekerja Balikpapan, Mugiyanto, saat bersua dengan Tribunkaltim di Pantai Kilang Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Balikpapan pada Selasa (1/5/2018).

Baca: KPU Undang Paslon Soal Debat Publik Kedua, 4 Pasang Calon tak Ada yang Hadir

Ia menjelaskan, pekerja asing akan mengancam bagi peluang tenaga kerja asli Balikpapan. Daerah Balikpapan sekarang ini banyak pengangguran semenjak sektor migas dan batu bara lesu lunglai.

Beberapa perusahaan pun ada yang bernafas sesak sampai ada yang gulung tikar, akibatnya banyak perusahaan yang mengambil kebijakan mengurangi bahkan memberhentikan tenaga kerja.

“Ada baiknya jangan sampai memberikan kemudahan pekerja asing membanjiri Kota Balikpapan. Utamakan dahulu pekerja lokal, jangan sampai warga Balikpapan banyak yang menganggur,” ujar Mugi.

Baca: Besok Tim Forensik dari Surabaya Olah TKP Kebakaran Besar di Tarakan

Dirinya mendapat kabar, beberapa bulan yang lalu ada inspeksi mendadak dari Menteri Tenaga Kerja di beberapa tempat ditemukan pekerja asing yang tidak memiliki visa izin kerja. Visa kunjungan wisata dipakai untuk bekerja di Indonesia, jelas ini menyalahi aturan.

“Seandainya tanpa kontrol ketat dari pemerintah berpotensi munculkan gejolak sosial. Perlu kebijakan dan tindakan tegas dari pemerintah dan aparat terkait,” tuturnya.

Halaman selanjutnya 123
Penulis: Budi Susilo Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Oknum Guru Digerebek di Kamar Hotel Bersama Mantan Siswinya hingga Si Gadis Menangis di Atas Ranjang Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »