www.AlvinAdam.com

Berita 24 Kalimantan Timur

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Balikpapan: Sampah Plastik ...

Posted by On 04.56

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Balikpapan: Sampah Plastik ...

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Balikpapan: Sampah Plastik Terus Meningkat Cemari Perairan

Komposisi sampah plastik selalu menunjukan tren peningkatan, jumlah semakin meroket naik.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Balikpapan: Sampah Plastik Terus Meningkat Cemari PerairanNational GeographicSampah plastik di lautan

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co Budi Susilo

TRIBUNKALTIM.CO BALIKPAPAN â€" Memperingati hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kantor Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Kalimantan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melangsungkan upacara di lapangan kantor P3E Kalimantan, Jalan Jenderal Sudirman, K ota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur.

Upacara tersebut diikuti seluruh staf P3E Kalimantan, yang mengangkat tema “Kendalikan Sampah Plastik” dengan inspektur upacara dilakoni oleh Kepala P3E Kalimantan, Tri Bangun Laksana Sony, Selasa (5/6/2018) pagi.

Saat membacakan amanat dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Sony, mengatakan, komposisi sampah plastik di Indonesia mencapai 16 persen dari total timbulan sampah secara nasional.

Baca: Via Vallen Alami Pelecehan Seksual, 3 Hal yang Bikin Fans Yakin Diduga Pelakunya Marko Simic

Komposisi sampah plastik selalu menunjukan tren peningkatan, jumlah semakin meroket naik. Data 10 tahun terakhir saja, dari 11 persen di tahun 2005 kini telah menjadi 15 persen di tahun 2015.

Ada banyak sumber yang menjadi timbulan sampah ini, di antaranya berasal dari produk-produk konsumsi hasil pabrikan.

“Bekas kemasan makanan minuman, kemasan consumer goods, dan kantong (plastik) belanja, dan pembungkus barang lainnya,” urainya.

Kenyataan yang terjadi timbulan sampah plastik yang didaur ulang baru sebatas 10 sampai 15 persen.

Selain itu sebanyak 60 sampai 70 persen ditimbun di Tempat Pembuangan Akhir sampah dan 15 sampai 30 persen belum terkelola secara baik, terbuang ke sembarang tempat seperti ke perairan. “Kebuang ke sungai, danau, pantai, dan laut,” tutur Sony.

Karena itu, upaya menangkal cemaran bahaya sampah plastik perlu kebijakan dan strategi jitu supaya tercapai perlindungan lingkungan hidup dan pembangunan yang berkelanjutan.

Halaman selanjutnya 12
Penulis: Budi Susilo Editor: Januar Alamijaya Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Ditolak, Pemuda Nekat Bunuh Diri Usai Tembak Mantan Pacarnya hingga Tewas, Aksinya Terekam CCTV Sumber: Google News | Berita 24 Kaltim

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »