www.AlvinAdam.com

Subcribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

Tiga Daerah Jadi Kunci Memenangkan Pilgub Kaltim, Samarinda ...

Posted by On 01.52

Tiga Daerah Jadi Kunci Memenangkan Pilgub Kaltim, Samarinda ...

Tiga Daerah Jadi Kunci Memenangkan Pilgub Kaltim, Samarinda Disebut Paling Rawan

Empat pasangan calon bakal bersaing menarik simpati pemilih di tiga daerah kantong suara pada Pilgub Kaltim

Tiga Daerah Jadi Kunci Memenangkan Pilgub Kaltim, Samarinda Disebut Paling RawanPeserta Pilgub Kaltim 2018

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Empat pasangan calon, yakni Sofyan Hasdam-Rizal Effendi, Syaharie Jaang-Awang Ferdian, Isran Noor-Hadi Mulyadi, dan Rusmadi-Safaruddin bakal bersaing menarik simpati pemilih di tiga daerah kantong suara pada Pilgub Kaltim 2018.

Tiga daerah dengan jumlah pemilih terbesar, yakni Samarinda, Balikpapan, dan Kutai Kartanegara menjadi penent u paslon yang bakal memenangi kursi KT 1 pada 27 Juni mendatang.

Data KPU Provinsi Kaltim, jumlah pemilih di Samarinda mencapai 549.626 pemilih dengan 1,582 TPS. Jumlah pemilih terbesar kedua, Kabupaten Kukar yakni 467.760 pemilih dan 1.562 TPS. Sedangkan Balikpapan jumlah pemilih 415.017 jiwa terbagi 1.363 TPS. Secara keseluruhan pemilih dalam Pilgub Kaltim sebanyak 2.330.156 pemilih dan 7.287 TPS.

Baca: Tiga Daerah Penentu Memenangkan Pilgub Kaltim, Pengamat Sebut Kuncinya Ini

Pengamat politik Universitas Mulawarman (Unmul) Prof. Sarosa Hamongpranoto tak menampik bahwa tiga daerah, yakni Samarinda, Kukar, dan Balikpapan menjadi kunci dalam Pilgub Kaltim. Paslon yang mendominasi perolehan suara minimal di dua daerah tersebut dipresiksi bakal memenangi Pilgub Kaltim.

"Wajar kalau melihat DPT serta TPS yang tersebar di 3 daerah tersebut. Ini yang jadi alasan, mengapa paslon memfokuskan kampanye di tiga daerah yang disebut segi tiga em as ini," kata Guru Besar Unmul Samarinda ini kepada Tribun, Minggu (24/6).

Dari 10 kabupaten/kota di Kaltim, sebagian pemilih kebanyakan tinggal di Balikpapan, Samarinda, dan Kukar.

Anggota KPU Provinsi Kaltim Rudiansyah mengatakan, tiga daerah tersebut memang memiliki jumlah suara dan TPS yang sangat signifikan dibanding daerah lainnya. Meski demikian, bukan tidak mungkin, daerah lainnya seperti Kutim, Bontang, Berau, Pasir dan Penajam Pasir Utara (PPU) turut menentukan kemenangan paslon pada Pilgub Kaltim nanti.

Baca: Jelang Pilgub Kaltim, Hetifah Ingatkan Hal-hal Penting Ini

Karena, menurut Rudi, perolehan suara di daerah lain juga menjadi penentu. "Logikannya, kalau di tiga daerah itu perolehan suara paslon bersaing ketat, maka bisa mendulang suara di kabupaten/kota lainnya," ungkap Rudi.

Artinya, suara kabupaten/kota tidak bisa ditinggalkan begitu saja. Jika memang perolehan suara di tiga daerah (Samarinda, Bali kpapan dan Kukar) bersaing ketat. Hanya saja, tiga daerah yang punya potensi suara terbesar juga masuk dalam kategori indikasi kerawanan pilkada.

Bawaslu Kaltim merilis tiga daerah itu punya potensi besar rawan pelanggaran. Mulai kerawanan TPS, penyelenggara yang mendukung paslon dan sebaran money politic (politik uang).

Halaman selanjutnya 12
Editor: Sumarsono Sumber: Tribun Kaltim Ikuti kami di Beredar Video Syur Disebut Mirip Aura Kasih, Begini Kata Pakar Telematika! Sumber: Google News | Liputan 24 Samarinda

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »